Cara membuat Martabak Manis Pakai Teplon

Martabak Teplon adalah cara praktis yang bisa kita pilih untuk dimasak dirumah. Karena dijaman sekarang ini sudah hampir setiap rumah tangga memiliki teplon di dapurnya. Jadi kita coba memasak martabak dengan menggunakan peralatan dapur yaitu memakai teplon sebagai loyangnya. Martabak yang kita buat ada rasa keju dan rasa cokelat seres.

Langsung ke cara pembuatanya aja ya. Pertama kita persiapkan bahan adonan yaitu terigu, gula, ragi, air hangat, garam, mentega, telur, tepung tapioka, susu bubuk. Tahap berikutnya kita akan membuat biangnya. Caranya campurkan ragi, gula, dan terigu. Beri sedikit air hangat lalu diaduk rata. Disini kita mau liat reaksi dari ragi. kalau adonan ragi tersebut berbuih, ini menandakan bahwa ragi bereaksi secara aktif. Butuh kurang lebih 15 menit untuk mengaktifkan raginya. Tahap berikutnya, campurkan terigu, sisa gula pasir, garam, dan air hangat.

Kita aduk dengan menggunakan mixer (pilih kecepatan rendah) kurang lebih 5 menit aja. Campurkan Biang ke adonan tepung, sambil diaduk ya kemudian masukkan telur lalu aduk kembali sampai adonan tercampur rata. Istirahatkan adonan kurang lebih 2 jam. Setelah 2 jam adonan tesebut kita aduk kembali untuk membuang gasnya, tambahkan margarin cair ke adonan tersebut dan aduk kembali. Adonan sudah siap untuk di masak.

Panaskan teplon dengan menggunakan api kecil ya, lalu tuang adonan tersebut ke teplon. Setelah mengeluarkan gelebung, beri taburan gula pasir diatasnya, lalu tutup teplonnya sampai permukaan adonan martabaknya kering. Jika permukaaan martabak kering itu menandakan bahwa martabak sudah matang. Angkat martabak di olesi dengan margarin selagi hangat. Beri toping diatasnya dan tambahkan susu kental manis. Lipat martabak lalu potong sesuai selera. Martabak sudah bisa di santap bersama keluarga tercinta.

Bahan Martabak Teplon

Bahan adonan

Terigu 200 gram
Tapioka 30 gram
1sdt garam
1 btr telur
1sdm susu bubuk
1sdm mentega yang sudah dicairkan
Air hangat 300 ml
Gula pasir 2sdm.

Bahan toping

Margarin
Keju parut
Seres
Susu kental manis

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Salam Horas.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply